Pengertian Tujuan Dan Manfaat mempelajari IAD/IBD/ISD
MAKALAH
PENGERTIAN TUJUAN DAN MANFAAT MEMPELAJARI IAD ISD DAN IBD
Disusun Oleh
KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur selalu kami haturkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat, taufik, hidayah, serta inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah materi mata kuliah IAD/IBD/ISD yang berjudul "Pengertian Manfaat Dan Tujuan Mempelajari IAD/IBD/ISD". Teriring ucapan terima kasih kami ucapkan kepada Bpk Imam Fadhilah, M.Si selaku pembimbing kami dalam pembelajaran mata kuliah IBD/ISD/ISD, juga kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan serta motivasi kepada kami dalam menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik serta saran yang bersifat membangun guna perbaikan dan peningkatan kualitas makalah di masa yang akan datang dari pembabaca adalah sangat berharga bagi kami. Demikian makalah ini kami susun, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua serta menjadi tambahan referensi bagi penyusunan makalah dengan tema yang senanda di waktu yang akan datang. Semoga bermanfaat. Amin.
Semarang,27 September 2018
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Latar belakang Ilmu Budaya Dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendekiawan (sarjana-sarjana pendidikan dan kebudayaan) mengenai sistem pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan sistem pendidikan pemerintahan belanda pada masa penjajahan. Sistem pendidikan warisan tersebut merupakan kelanjutan dari politik balas budi, Adapun tujuanya adalah menghasilkan tenaga terampil dalam bidang administrasi demi kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan negara kita.
Sampai sekarang sistem pendidikan yang terkotak-kotak telah menghasilkan banyak tenaga ahli yang berpengalaman dalam disiplin ilmu tertentu, padahal pendidikan itu seharusnya lebih ditujukan untuk menciptakan kaum cendekiawan dari pada mencetak tenaga yang terampil.
Para lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat berperan sebagai sumber utama bagi poembangunan negara secara menyeluruh, Dari mereka diharapkan adanya sumbangan ide bagi pemecahan masalah sosial masyarakat yang sangat kompleks dan berkaitan satu sama lain dan juga masalah budaya. Pendidikan terlanjur menjadi sesuatu yang elit dalam masyarakat sehingga keakraban nya dalam masyarakat kurang terasa.
Perguruan tinggi kita seolah oleah merupakan menara gading yang sekaligus pabrik bagi produksi. Keadaan tersebut menuntut mengubah kita ntuk mengubah sistem pendidikan, sehingga perguruan tinggi indonesia mampu menghasilkan sarjana yang tidak asing dengan denyut kehidupan masyarakat serta gejolak perkembangan dan kebutuhannya, Dan juga mengenali dimensi lain sebagai ikhtisar untuk tujuan itu Ilmu Budaya Dasar diberikann sebagai pelengkap sarjana paripurna, yang mampu memecaahkan permasalannya yang timbul dalam lingkungan masyarakat.
Diakui secara umum bahwa kebudayaan merupakan unsur penting dalam proses pembangunan suatu bangsa , lebih-lebih jika bangsa itu sedang membentuk watak dan kepridaian yang serasi dengan tantangan zaman.
Pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata, material dan spiritual berdasarkan pancasila, sedangkan hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat indonesia seluruhnya. Untuk mencapai tujuan tersebut pendekatan dan setrategi pembangunan hendaknya menempatkan manusia sebagai tempat interaksi kegiatan pembangunan spiritual maupun material serta pembangunan yang melibatkan manusia sebagai makhluk budaya dan sebagai sumber daya dalam pembangunsn. Hal itu berarti bahwa pembangunan seharusnya mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia, menumbuhkan sikap hidup yang seimbang dan berkepribadian utuh yang memiliki moralitas dan integritas sosial yang tinggi, serta menciptakan manusia yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa.
Dewasa ini kita dihadapkan kepada tiga masalah yang saling berkaitan, yaitu :
Adanya kenyataan bahwa bangsa indonesia berdiri atas berbagai suku bangsa, dengan latar belakang sosial budaya yang beragama. Kemajuan tersebut tercermin dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu diperlukan sikap yang mamppu mmenghadi ikatan primordial, yaitu kesukuan dan kedaerahan.
Pembanguan telah membawa perubahan dalam masyarakat yang menimbulkan sistem nilai budaya dan sikap yang mengubah anggota masyarakat terhadap nilai nilai budaya. Pembangunan telah menimbulkan mobilitas sosial, yang diikuti oleh hubungan antar aksi yang bergeser dalam kelompok masyarakat.
Kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi massa dan transportasi, membawa pengaruh terhadap intensitas kotak budaya antar suku maupun kebudayaan dari luar. Terjadinya kontak budaya dengan kebudayaan asing bukan hanya menyebabkan intensitasnya menjadi lebih besar tetapi juga penyebaranya berlangsung dengan cepat dan luas jangkauannya, terjadilah perubahan orientasi budaya yang kadang-kadang menimbulkan dampak terhadap tata nilai masyarakat, yang sedang menumbuhkan identitasnya sendiri sebagai bangsa.
Sebagai mahasisawa kita perlu mempelajari Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Karena dengan penguasaan dari ilmu-ilmu tersebut diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala essensial alam, dan mempunyai sifat yang kritis terhadap dinamika-dinamika social dan budaya yang ada dalam masyarakat. Agar keberadaan kita ditengah – tengah masyarakat tidak terasa tersisihkan atau terkucilkan . Oleh karena itu , dalam makalah ini saya akan membahas tentang pengertian , tujuan dan manfaat IAD , ISD dan IBD.
B. Rumusan Masalah
Apakah pengertian Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
Apakah tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
Apa Manfaat Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN IAD-ISD-IBD
Secara umum Ilmu Alamiah Dasar,Ilmu Sosial Dasar Dan Ilmu Budaya Dasar adalah sebuah kelompok ilmu pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep hubungan antar manusia(sosial) dan budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kemanusiaan,sosial dan budaya.
Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu pengetahuan Alam(natural science) yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep dan prinsip, Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasarnyang bersifat esensial. Ilmu Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang bisa berubah sesuai dengan kemajuan zaman.
Ilmu Alam Dasar Memusatkan perhatian nya dalam menanggapi kanyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam, dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika dan geologi.
IAD adalah Ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala dalam alam semesta seluruhnya sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu alamiah juga dapat diartikan suatu pengetahuan atau ilmu teoritis yang diperoleh dengan cara yang khusus yaitu observasi, eksperimen, penyimpulan, penyusunan teori.
IBD adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari dasar-dasar budaya masyarakat dalam suatu bangsa dan negara. Istilah IBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagi pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari bahasa Inggris ”the humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus.
Manusia merupakan makhluk sosial. Sudah menjadi kodrat bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri dan mereka pasti membutuhkan uluran tangan orang lain untuk bertahan hidup. Hubungan sosial tersebut membutuhkan yang namanya ilmu, di sinilah ISD lahir dalam rangka menghadapi masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat.
Ilmu Sosial Dasar merupakan satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan. Adapun pengertian dari Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-maslah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan berbagai macam pengertian seperti fakta,konsep maupun teori. Hal tersebut bisa berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu;ilmu sosial, misalnya : Sejarah,Ekonomi,Geografi,Sosiologi dll. Ilmu Sosial Dasar bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiah tersendiri yang tidak dapat dipadukan. Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan displin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah khusus dan juga tidak mengembangkan suatu penelitan sebagaimana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial diatas.
Ilmu sosial dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentiungan pendidikan atau pengajaran yang diberikan diperguruan tinggi di indonesia. Mata kuliah ilmu sosial dasar diberikan dalam usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial nya dapat ditinbgkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
Ilmu Sosial Dasar, Memusatkan perhatian pada kenyataan sosial terutama yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengetahuan pada ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, psikologi sosial dan sejarah.
Ilmu Budaya Dasar, Memusatkan perhatian pada usaha memperoleh pengertian mengenai hakikat dan harkat manusia serta nilai-nilai budaya yang telah dikembangkannya.
TUJUAN MEMPELAJARI IAD-ISD-IBD
Tujuan Mempelajari IBD
Tujuan Umum Ilmu Budaya Dasar ialah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas pola pikir nya, baik yang menyangkut diri sendiri maupun yang menyangkut orang lain dan alam sekitar nya.
Untuk menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar dapat:
Menajamkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya, serta mengembngkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalanyang menyangkut kemanusiaan dan budaya.
Mengusahakan agar mahasiswa tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita yang sempit dan cenderung menghasilkan manusia spesialis yang kurang luas
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat, hormat menghormati serta memiliki simpati pada nilai-nilai laing yang hidup dalam masyarakat.
Mengembangkan daya kritis terhadap persoalaan kemanusiaan dan daya kebudayaan.
Menambah kemampuan mahasiswauntuk menanggapi nilai budaya dalam masyarakat indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh disiplin mereka.
Tujuan Mempelajari Ilmu Alam Dasar
Ilmu Alamiah Dasar, Memusatkan perhatian dan konsep umum, asas-asas dan pendekatan dalam menanggapi kanyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam, dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika dan geologi.
Tujuan/kegunaan IAD Tujuan/Kegunaan Ilmu Alamiah Dasar:
Untuk mengetahui perkembangan teknologi dan dampak nya serta hubungan nya terhadap masyarakat.
Untuk mengetahui serta mempelajari bagaimana perkembangan kehidupan makhluk hidup dari zaman purba hingga sekarang
Menganalisis suatu pengalaman melalui fakta-fakta yang ada menggunakan metode ilmiah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta
Membahas alam dari mulai terciptanya alam semesta hingga sekarang
Terciptanya pemikiran yang luas terhadap lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat, sehingga kita menjadi tanggap terhadap suatu masalah yang terjadi disekitar kita.
Menciptakan generasi yang mampu menganalisa dan memberikan sebuah solusi dalam sebuah permasalahan
Menciptakan generasi yang mampu memanfaatkan gejala-gejala yang ada dialam semesta untuk diolah sehingga bermanfaat untuk masyarakat
Mempekenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara-cara pendekatan dalam IPA dan teknologi.
Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran, pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi.
Tujuan Mempelajari ISD
Sebagai salah satu mata kuliah dasar umum Ilmu Sosial Dasar memiliki tujuan pembinaan kepada mahasiswa agar :
Memahami dan menyadari adanya kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat
Peka terhadap masalah-maslah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat bersikap komplek dan hanya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner
Memahami jalan para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat
Manfaat mempelajari IAD/IBD/ISD
Sebelum kita memahami Manfaat mempelajari IAD/ISD/IBD, perlu diketahui apa perbedaan antara tujuan dan manfaat. Tujuan merupakan rumusan kalimat yang menunjukan hasil, sesuatu yang diperoleh setelah penelitian-penelitian selesai, sesuatu yang akan dicapai/dituju dalam sebuah penelitian. Rumusan tujuan mengungkapkan keinginan peniliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan.Sedangkan Manfaat merupakan dampak dari pencapaiannya tujuan. Seandainya dalam penelitian, tujuan dapat tercapai dan rumusan masalah dapat dipecahkan secara tepat dan kurat, maka apa manfaatnya secara praktis maupun secara teoritis. Kegunaan penelitian mempunyai dua hal yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan (secara teoritis) dan membantu mengatasi, memecahkan dan mencegah masalah yang ada pada objek yang diteliti. Kegunaan hasil penelitian terhubung dengan sarana-sarana yang diajukan setelah kesimpulan. Kegunaan hasil penelitian merupakan follow up pengguna informasi yang didapat dari kesimpulan.
manfaat dari mempelajari IAD
Sehubungan dengan fungsi IAD dalam segala sendi kehidupan, maka akan sangat dirasakan manfaat dari mempelajari IAD. Diantara contoh-contohnya antara lain:
Bidang teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi amat terasa pada beberapa tahun terakhir. Titik awal dari perkembangan ini adalah revolusi industri yang kemudian memberikan pencerahan kepada para ilmuan untuk mengembangkan teknologi, sehingga manusia dapat merasakannya sampai saat ini. Siapapun yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi akan unggul dalam persaingan antar bangsa, akan dengan mudah mensejahterakan rakyatnya, dan akan menjadi pengendali informasi dunia.
Bidang pangan dan perbaikan gizi, dalam bidang ini peran sains sangat besar dalam merealisasikan kesejahteraan manusia baik dari segi teknologi pangan, peningkatan penyediaan makanan, dan penganekaragaman konsumsi masyarakat.
Bidang bioteknologi, seiring dengan semakin berkurangnya minyak bumi, manusia mencari energi alternatif yang diupayakan dapat menggantikan posisi minyak bumi sebagai sumber energi. Selanjutnya ditemukan biji jarak yang kemudian diolah menjadi biosolar
manfaat dari mempelajari IBD
Manusia merupakan makhluk yang berbudaya. Sebenarnya kebudayaan didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri manusia kedalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan menjadi warisannya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari keadaanya yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak terpadu. Tanpa budaya, tidak akan ada perbedaan antara manusia dengan makhluk lainnya termasuk hewan.
Ilmu Budaya Dasar memiliki manfaat bagi Manusia, karena orientasi manusia adalah lingkungan yang berbudaya. Dari lingkungan yang berbudaya tersebut mereka harus lebih mudah untuk terintegrasi dalam lingkungan tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk keberadaan manusia selanjutnya dalam kehidupan bermasyarakat.
manfaat yang sangat vital dalam mempelajari Ilmu ini adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara maupun bagi diri sendiri dan keluarga, serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. Ilmu Budaya Dasar berusaha menambah kemampuan Mahasiswa untuk menanggapi masalah dan nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat mereka.
manfaat dari mempelajari ISD
Pengembangan Ilmu Sosial Dasar sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Manfaat ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar atau pengetahuan sosial kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternatif pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan beragama.
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalaui ISD, diharapkan para Mahasiswa akan mapu mengorientasikan dan menunjukkan eksistensi dirinya berkat pengahayatannya terhadap arah perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan diri secara mapan paling tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan masalah itu harus ditempuh. Masalah-masalah sosial yang berkembang sedemikian kompleks, baik yang bersifat lokal, regional, nasional maupun internasional seperti pengangguran, urbanisasi, penyelundupan, kriminalitas, kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan pergolakan politik, merupakan masalah-masalah sosial yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" BAB III
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" PENUTUP
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" A. Kesimpulan
1. IAD/ISD/IBD adalah sebuah ilmu yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah diantaranya alam, sosial dan budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
2. Telah kita ketahui semua sumber ilmu itu pengetahuan adalah philosophia. Baik ilmu alam maupun ilmu sosial, bila ditilik dari perkembangannya, bermula dari ilmu filsafat. Dan ilmu budaya bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendekiawan mengenai sistem pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan sistem pendidikan pemerintahan belanda pada masa penjajahan.
3. Semua hal-hal atau kejadian di alam, masyarakat (sosial) dan di daerah.
4. Kita harus dapat memahami, mempraktekkan dan mengembangkan IAD/ISD/IBD di masyarakat.
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" B. Saran
IAD/ISD/IBD merupakan ilmu yang dibutuhkan dalam kehidupan kita, karena dengan ilmu itulah kita mampu memahami, mengerti keadaan di sekitar. Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa kita harus bisa menjaga dan membudayakan negeri kita.
DAFTAR PUSTAKA
Mustofa, Ahmad, dkk. 1999. Ilmu Budaya Dasar, Bandung: Pustaka Setia.
Mawardi dan Nur Hayati.2000. Ilmu Alamiah Dasar Ilmu Sosial Dasar Ilmu Budaya Dasar ,Bandung:Pustaka Setia.
Mustopo, M. Habib,1988. Ilmu Budaya Dasar, Surabaya: Usaha, 1988.
Tim Penyusun MKD. 2013. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press
Tasmuji, dkk. 2011. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya: IAIN SA Press.
Ibid, hal : 135
PENGERTIAN TUJUAN DAN MANFAAT MEMPELAJARI IAD ISD DAN IBD
Disusun Oleh
KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur selalu kami haturkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat, taufik, hidayah, serta inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah materi mata kuliah IAD/IBD/ISD yang berjudul "Pengertian Manfaat Dan Tujuan Mempelajari IAD/IBD/ISD". Teriring ucapan terima kasih kami ucapkan kepada Bpk Imam Fadhilah, M.Si selaku pembimbing kami dalam pembelajaran mata kuliah IBD/ISD/ISD, juga kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan serta motivasi kepada kami dalam menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik serta saran yang bersifat membangun guna perbaikan dan peningkatan kualitas makalah di masa yang akan datang dari pembabaca adalah sangat berharga bagi kami. Demikian makalah ini kami susun, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua serta menjadi tambahan referensi bagi penyusunan makalah dengan tema yang senanda di waktu yang akan datang. Semoga bermanfaat. Amin.
Semarang,27 September 2018
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Latar belakang Ilmu Budaya Dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendekiawan (sarjana-sarjana pendidikan dan kebudayaan) mengenai sistem pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan sistem pendidikan pemerintahan belanda pada masa penjajahan. Sistem pendidikan warisan tersebut merupakan kelanjutan dari politik balas budi, Adapun tujuanya adalah menghasilkan tenaga terampil dalam bidang administrasi demi kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan negara kita.
Sampai sekarang sistem pendidikan yang terkotak-kotak telah menghasilkan banyak tenaga ahli yang berpengalaman dalam disiplin ilmu tertentu, padahal pendidikan itu seharusnya lebih ditujukan untuk menciptakan kaum cendekiawan dari pada mencetak tenaga yang terampil.
Para lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat berperan sebagai sumber utama bagi poembangunan negara secara menyeluruh, Dari mereka diharapkan adanya sumbangan ide bagi pemecahan masalah sosial masyarakat yang sangat kompleks dan berkaitan satu sama lain dan juga masalah budaya. Pendidikan terlanjur menjadi sesuatu yang elit dalam masyarakat sehingga keakraban nya dalam masyarakat kurang terasa.
Perguruan tinggi kita seolah oleah merupakan menara gading yang sekaligus pabrik bagi produksi. Keadaan tersebut menuntut mengubah kita ntuk mengubah sistem pendidikan, sehingga perguruan tinggi indonesia mampu menghasilkan sarjana yang tidak asing dengan denyut kehidupan masyarakat serta gejolak perkembangan dan kebutuhannya, Dan juga mengenali dimensi lain sebagai ikhtisar untuk tujuan itu Ilmu Budaya Dasar diberikann sebagai pelengkap sarjana paripurna, yang mampu memecaahkan permasalannya yang timbul dalam lingkungan masyarakat.
Diakui secara umum bahwa kebudayaan merupakan unsur penting dalam proses pembangunan suatu bangsa , lebih-lebih jika bangsa itu sedang membentuk watak dan kepridaian yang serasi dengan tantangan zaman.
Pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata, material dan spiritual berdasarkan pancasila, sedangkan hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat indonesia seluruhnya. Untuk mencapai tujuan tersebut pendekatan dan setrategi pembangunan hendaknya menempatkan manusia sebagai tempat interaksi kegiatan pembangunan spiritual maupun material serta pembangunan yang melibatkan manusia sebagai makhluk budaya dan sebagai sumber daya dalam pembangunsn. Hal itu berarti bahwa pembangunan seharusnya mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia, menumbuhkan sikap hidup yang seimbang dan berkepribadian utuh yang memiliki moralitas dan integritas sosial yang tinggi, serta menciptakan manusia yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa.
Dewasa ini kita dihadapkan kepada tiga masalah yang saling berkaitan, yaitu :
Adanya kenyataan bahwa bangsa indonesia berdiri atas berbagai suku bangsa, dengan latar belakang sosial budaya yang beragama. Kemajuan tersebut tercermin dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu diperlukan sikap yang mamppu mmenghadi ikatan primordial, yaitu kesukuan dan kedaerahan.
Pembanguan telah membawa perubahan dalam masyarakat yang menimbulkan sistem nilai budaya dan sikap yang mengubah anggota masyarakat terhadap nilai nilai budaya. Pembangunan telah menimbulkan mobilitas sosial, yang diikuti oleh hubungan antar aksi yang bergeser dalam kelompok masyarakat.
Kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi massa dan transportasi, membawa pengaruh terhadap intensitas kotak budaya antar suku maupun kebudayaan dari luar. Terjadinya kontak budaya dengan kebudayaan asing bukan hanya menyebabkan intensitasnya menjadi lebih besar tetapi juga penyebaranya berlangsung dengan cepat dan luas jangkauannya, terjadilah perubahan orientasi budaya yang kadang-kadang menimbulkan dampak terhadap tata nilai masyarakat, yang sedang menumbuhkan identitasnya sendiri sebagai bangsa.
Sebagai mahasisawa kita perlu mempelajari Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Karena dengan penguasaan dari ilmu-ilmu tersebut diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala essensial alam, dan mempunyai sifat yang kritis terhadap dinamika-dinamika social dan budaya yang ada dalam masyarakat. Agar keberadaan kita ditengah – tengah masyarakat tidak terasa tersisihkan atau terkucilkan . Oleh karena itu , dalam makalah ini saya akan membahas tentang pengertian , tujuan dan manfaat IAD , ISD dan IBD.
B. Rumusan Masalah
Apakah pengertian Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
Apakah tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
Apa Manfaat Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD)?
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN IAD-ISD-IBD
Secara umum Ilmu Alamiah Dasar,Ilmu Sosial Dasar Dan Ilmu Budaya Dasar adalah sebuah kelompok ilmu pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep hubungan antar manusia(sosial) dan budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kemanusiaan,sosial dan budaya.
Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu pengetahuan Alam(natural science) yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep dan prinsip, Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasarnyang bersifat esensial. Ilmu Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang bisa berubah sesuai dengan kemajuan zaman.
Ilmu Alam Dasar Memusatkan perhatian nya dalam menanggapi kanyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam, dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika dan geologi.
IAD adalah Ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala dalam alam semesta seluruhnya sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu alamiah juga dapat diartikan suatu pengetahuan atau ilmu teoritis yang diperoleh dengan cara yang khusus yaitu observasi, eksperimen, penyimpulan, penyusunan teori.
IBD adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari dasar-dasar budaya masyarakat dalam suatu bangsa dan negara. Istilah IBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagi pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari bahasa Inggris ”the humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus.
Manusia merupakan makhluk sosial. Sudah menjadi kodrat bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri dan mereka pasti membutuhkan uluran tangan orang lain untuk bertahan hidup. Hubungan sosial tersebut membutuhkan yang namanya ilmu, di sinilah ISD lahir dalam rangka menghadapi masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat.
Ilmu Sosial Dasar merupakan satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan. Adapun pengertian dari Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-maslah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan berbagai macam pengertian seperti fakta,konsep maupun teori. Hal tersebut bisa berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu;ilmu sosial, misalnya : Sejarah,Ekonomi,Geografi,Sosiologi dll. Ilmu Sosial Dasar bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiah tersendiri yang tidak dapat dipadukan. Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan displin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah khusus dan juga tidak mengembangkan suatu penelitan sebagaimana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial diatas.
Ilmu sosial dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentiungan pendidikan atau pengajaran yang diberikan diperguruan tinggi di indonesia. Mata kuliah ilmu sosial dasar diberikan dalam usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial nya dapat ditinbgkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
Ilmu Sosial Dasar, Memusatkan perhatian pada kenyataan sosial terutama yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengetahuan pada ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, psikologi sosial dan sejarah.
Ilmu Budaya Dasar, Memusatkan perhatian pada usaha memperoleh pengertian mengenai hakikat dan harkat manusia serta nilai-nilai budaya yang telah dikembangkannya.
TUJUAN MEMPELAJARI IAD-ISD-IBD
Tujuan Mempelajari IBD
Tujuan Umum Ilmu Budaya Dasar ialah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas pola pikir nya, baik yang menyangkut diri sendiri maupun yang menyangkut orang lain dan alam sekitar nya.
Untuk menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar dapat:
Menajamkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya, serta mengembngkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalanyang menyangkut kemanusiaan dan budaya.
Mengusahakan agar mahasiswa tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita yang sempit dan cenderung menghasilkan manusia spesialis yang kurang luas
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat, hormat menghormati serta memiliki simpati pada nilai-nilai laing yang hidup dalam masyarakat.
Mengembangkan daya kritis terhadap persoalaan kemanusiaan dan daya kebudayaan.
Menambah kemampuan mahasiswauntuk menanggapi nilai budaya dalam masyarakat indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh disiplin mereka.
Tujuan Mempelajari Ilmu Alam Dasar
Ilmu Alamiah Dasar, Memusatkan perhatian dan konsep umum, asas-asas dan pendekatan dalam menanggapi kanyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam, dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika dan geologi.
Tujuan/kegunaan IAD Tujuan/Kegunaan Ilmu Alamiah Dasar:
Untuk mengetahui perkembangan teknologi dan dampak nya serta hubungan nya terhadap masyarakat.
Untuk mengetahui serta mempelajari bagaimana perkembangan kehidupan makhluk hidup dari zaman purba hingga sekarang
Menganalisis suatu pengalaman melalui fakta-fakta yang ada menggunakan metode ilmiah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta
Membahas alam dari mulai terciptanya alam semesta hingga sekarang
Terciptanya pemikiran yang luas terhadap lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat, sehingga kita menjadi tanggap terhadap suatu masalah yang terjadi disekitar kita.
Menciptakan generasi yang mampu menganalisa dan memberikan sebuah solusi dalam sebuah permasalahan
Menciptakan generasi yang mampu memanfaatkan gejala-gejala yang ada dialam semesta untuk diolah sehingga bermanfaat untuk masyarakat
Mempekenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara-cara pendekatan dalam IPA dan teknologi.
Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran, pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi.
Tujuan Mempelajari ISD
Sebagai salah satu mata kuliah dasar umum Ilmu Sosial Dasar memiliki tujuan pembinaan kepada mahasiswa agar :
Memahami dan menyadari adanya kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat
Peka terhadap masalah-maslah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat bersikap komplek dan hanya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner
Memahami jalan para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat
Manfaat mempelajari IAD/IBD/ISD
Sebelum kita memahami Manfaat mempelajari IAD/ISD/IBD, perlu diketahui apa perbedaan antara tujuan dan manfaat. Tujuan merupakan rumusan kalimat yang menunjukan hasil, sesuatu yang diperoleh setelah penelitian-penelitian selesai, sesuatu yang akan dicapai/dituju dalam sebuah penelitian. Rumusan tujuan mengungkapkan keinginan peniliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan.Sedangkan Manfaat merupakan dampak dari pencapaiannya tujuan. Seandainya dalam penelitian, tujuan dapat tercapai dan rumusan masalah dapat dipecahkan secara tepat dan kurat, maka apa manfaatnya secara praktis maupun secara teoritis. Kegunaan penelitian mempunyai dua hal yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan (secara teoritis) dan membantu mengatasi, memecahkan dan mencegah masalah yang ada pada objek yang diteliti. Kegunaan hasil penelitian terhubung dengan sarana-sarana yang diajukan setelah kesimpulan. Kegunaan hasil penelitian merupakan follow up pengguna informasi yang didapat dari kesimpulan.
manfaat dari mempelajari IAD
Sehubungan dengan fungsi IAD dalam segala sendi kehidupan, maka akan sangat dirasakan manfaat dari mempelajari IAD. Diantara contoh-contohnya antara lain:
Bidang teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi amat terasa pada beberapa tahun terakhir. Titik awal dari perkembangan ini adalah revolusi industri yang kemudian memberikan pencerahan kepada para ilmuan untuk mengembangkan teknologi, sehingga manusia dapat merasakannya sampai saat ini. Siapapun yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi akan unggul dalam persaingan antar bangsa, akan dengan mudah mensejahterakan rakyatnya, dan akan menjadi pengendali informasi dunia.
Bidang pangan dan perbaikan gizi, dalam bidang ini peran sains sangat besar dalam merealisasikan kesejahteraan manusia baik dari segi teknologi pangan, peningkatan penyediaan makanan, dan penganekaragaman konsumsi masyarakat.
Bidang bioteknologi, seiring dengan semakin berkurangnya minyak bumi, manusia mencari energi alternatif yang diupayakan dapat menggantikan posisi minyak bumi sebagai sumber energi. Selanjutnya ditemukan biji jarak yang kemudian diolah menjadi biosolar
manfaat dari mempelajari IBD
Manusia merupakan makhluk yang berbudaya. Sebenarnya kebudayaan didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri manusia kedalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan menjadi warisannya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari keadaanya yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak terpadu. Tanpa budaya, tidak akan ada perbedaan antara manusia dengan makhluk lainnya termasuk hewan.
Ilmu Budaya Dasar memiliki manfaat bagi Manusia, karena orientasi manusia adalah lingkungan yang berbudaya. Dari lingkungan yang berbudaya tersebut mereka harus lebih mudah untuk terintegrasi dalam lingkungan tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk keberadaan manusia selanjutnya dalam kehidupan bermasyarakat.
manfaat yang sangat vital dalam mempelajari Ilmu ini adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara maupun bagi diri sendiri dan keluarga, serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. Ilmu Budaya Dasar berusaha menambah kemampuan Mahasiswa untuk menanggapi masalah dan nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat mereka.
manfaat dari mempelajari ISD
Pengembangan Ilmu Sosial Dasar sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Manfaat ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar atau pengetahuan sosial kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternatif pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan beragama.
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalaui ISD, diharapkan para Mahasiswa akan mapu mengorientasikan dan menunjukkan eksistensi dirinya berkat pengahayatannya terhadap arah perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan diri secara mapan paling tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan masalah itu harus ditempuh. Masalah-masalah sosial yang berkembang sedemikian kompleks, baik yang bersifat lokal, regional, nasional maupun internasional seperti pengangguran, urbanisasi, penyelundupan, kriminalitas, kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan pergolakan politik, merupakan masalah-masalah sosial yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" BAB III
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" PENUTUP
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" A. Kesimpulan
1. IAD/ISD/IBD adalah sebuah ilmu yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah diantaranya alam, sosial dan budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
2. Telah kita ketahui semua sumber ilmu itu pengetahuan adalah philosophia. Baik ilmu alam maupun ilmu sosial, bila ditilik dari perkembangannya, bermula dari ilmu filsafat. Dan ilmu budaya bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendekiawan mengenai sistem pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan sistem pendidikan pemerintahan belanda pada masa penjajahan.
3. Semua hal-hal atau kejadian di alam, masyarakat (sosial) dan di daerah.
4. Kita harus dapat memahami, mempraktekkan dan mengembangkan IAD/ISD/IBD di masyarakat.
HYPERLINK "https://www.blogger.com/null" B. Saran
IAD/ISD/IBD merupakan ilmu yang dibutuhkan dalam kehidupan kita, karena dengan ilmu itulah kita mampu memahami, mengerti keadaan di sekitar. Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa kita harus bisa menjaga dan membudayakan negeri kita.
DAFTAR PUSTAKA
Mustofa, Ahmad, dkk. 1999. Ilmu Budaya Dasar, Bandung: Pustaka Setia.
Mawardi dan Nur Hayati.2000. Ilmu Alamiah Dasar Ilmu Sosial Dasar Ilmu Budaya Dasar ,Bandung:Pustaka Setia.
Mustopo, M. Habib,1988. Ilmu Budaya Dasar, Surabaya: Usaha, 1988.
Tim Penyusun MKD. 2013. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press
Tasmuji, dkk. 2011. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya: IAIN SA Press.
Ibid, hal : 135